بيت العلم
Pukul Berapa Sekarang?
Jadwal Sholat?
Silakan Copy Bannerku!
Abu Fatih
Banyaknya Pengunjung?

Ayo Ngaji!
Jadwal Kajian Salaf
Dengerin Kajian Islam Di Sini!

Pasang radiobox ini!

Keluarkan radiobox (pop up)

Tempat Saran Dan Nasehat

Free chat widget @ ShoutMix
Wahai Keluarga Besar Kaum Ummahat, Inilah Sebuah Kado Dari Ana Untuk Antunna kaum Ummahat (RESEP MASAKAN INDONESIA) Semoga Bermanfaat, Amiin! Silakan Klik Di Sini Saja Ya.......!!!

بسم الله الرّحمن الرّحيم

ألسّلام عليكم ورحمةالله وبركاته


Ahlan wa Sahlan.....!


إنّ الحمدلله نحمده ونستعينه ونستغفره ونعوذبالله من شرورانفسنا ومن سيّئات اعمالنا من يهده الله فلا مضلّ له ومن يضلل فلا هادي له

Artinya: "Segala puji bagi Allaah, kita memuji-Nya, memohon pertolongan dan ampunan kepada-Nya, kita berlindung kepada Allaah dari kejahatan diri kita dan kejelekan amalan-amalan kita, barang siapa yang Allaah beri petunjuk, maka tidak ada yang bisa menyesatkanya, dan barang siapa yang Allaah sesatkan, maka tidak ada yang dapat memberinya petunjuk."


واشهد ان لا اله الاّالله وحده لا شريك له واشهد انّ محمّدا عبده ورسو له

Artinya: "Dan aku bersaksi bahwa tidak ada illah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali hanya Allaah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad sholallaahu’alayhi wassallam adalah hamba dan Rosul-Nya."


يأيّهاالّذين ءامنوا اتّقو الله حقّ تقاته ولا تموتنّ الاّ وأنتم مّسلمون

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allaah dengan sebenar-benarnya taqwa kepada-Nya dan janganlah kamu sekalian mati, kecuali dalam keadaan Islam!"


فإنّ أصدق الحديث كتاب الله وخير الهدي هدي محمّد صلى الله عليه وسلم وشرّ الأمور محدثاتها وكلّ محدثة بدعة وكلّ بدعة ضلالة وكلّ ضلالة في النّار

Artinya: "Sesungguhnya sebaik-baik perkataan adalah Kitabullaah, dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad sholallaahu’alayhi wassallam, sejelek-jelek perkara adalah yang diada-adakan dan setiap yang diada-adakan adalah bid’ah dan setiap bid’ah itu sesat dan setiap kesesatan ada di dalam Neraka."


Amma ba’du.

Ayyuhal Ikhwah, Raihlah Kemuliaan Hanya Dengan Manhaj Salaf, Manhaj Yang Ditempuh Oleh Generasi Terbaik Umat Ini, yakni Generasi Para Sahabat, Para Tabi'in dan Tabi'ut Tabi'in Yang Sholih. Aqidah Salaf adalah Aqidah Yang Murni Untuk Memberantas Syirik Dengan Tauhid Dan Memberantas Bid'ah Dengan Sunnah Dan Allaah Ridho Kepada Mereka Semua Yang Berpegang Teguh Dengan Al-Quran Dan As-Sunnah Yang Shohih, Sesuai Dengan Pemahaman Salafush-Sholih, Itulah Hakikat Islam Yang Sebenarnya. Imam Al-Barbahary pernah berkata: ".....Islam Adalah Sunnah Dan Sunnah Adalah Islam....."

Iyyuhal Ikhwah, kajian kita pada saat ini adalah sebagaimana terlampir di bawah ini atau antum bisa memilih materi kajian yang anda inginkan di menu "Kategori", semoga bermanfaat bagi kita semua baik di dunia maupun di akhirat! Baarokallaahuli walakum, amiin! Oh..iya tapi sebelumnya SILAKAN ISI BUKU TAMU BERIKUT INI...!!!


10 Nasihat Ibnul Qayyim Untuk Bersabar Agar Tidak Terjerumus Ke Dalam Lembah Maksiat
Selasa, Agustus 19, 2008



Alih Bahasa: Abu Mushlih Ari Wahyudi


Segala puji bagi Allah Rabb seru sekalian alam. Shalawat dan salam semoga terlimpah kepada Nabi dan Rasul paling mulia. Amma ba'du.
Berikut ini sepuluh nasihat Ibnul Qayyim rahimahullah untuk menggapai kesabaran diri agar tidak terjerumus dalam perbuatan maksiat.

Pertama, hendaknya hamba menyadari betapa buruk, hina dan rendah perbuatan maksiat. Dan hendaknya dia memahami bahwa Allah mengharamkannya serta melarangnya dalam rangka menjaga hamba dari terjerumus dalam perkara-perkara yang keji dan rendah sebagaimana penjagaan seorang ayah yang sangat sayang kepada anaknya demi menjaga anaknya agar tidak terkena sesuatu yang membahayakannya.
Kedua, merasa malu kepada Allah... Karena sesungguhnya apabila seorang hamba menyadari pandangan Allah yang selalu mengawasi dirinya dan menyadari betapa tinggi kedudukan Allah di matanya. Dan apabila dia menyadari bahwa perbuatannya dilihat dan didengar Allah tentu saja dia akan merasa malu apabila dia melakukan hal-hal yang dapat membuat murka Rabbnya…. Rasa malu itu akan menyebabkan terbukanya mata hati yang akan membuat Anda bisa melihat seolah-olah Anda sedang berada di hadapan Allah…
Ketiga, senantiasa menjaga nikmat Allah yang dilimpahkan kepadamu dan mengingat-ingat
perbuatan baikNya kepadamu........
apabila engkau berlimpah nikmat maka jagalah, karena maksiat akan membuat nikmat hilang dan lenyap. Barang siapa yang tidak mau bersyukur dengan nikmat yang diberikan Allah kepadanya maka dia akan disiksa dengan nikmat itu sendiri.
Keempat, merasa takut kepada Allah dan khawatir tertimpa hukumanNya
Kelima, mencintai Allah… arena seorang kekasih tentu akan menaati sosok yang dikasihinya…. Sesungguhnya maksiat itu muncul diakibatkan oleh lemahnya rasa cinta
Keenam, menjaga kemuliaan dan kesucian diri serta memelihara kehormatan dan kebaikannya…. Sebab perkara-perkara inilah yang akan bisa membuat dirinya merasa mulia dan rela meninggalkan berbagai perbuatan maksiat….
Ketujuh, memiliki kekuatan ilmu tentang betapa buruknya dampak perbuatan maksiat serta jeleknya akibat yang ditimbulkannya dan juga bahaya yang timbul sesudahnya yaitu berupa muramnya wajah, kegelapan hati, sempitnya hati dan gundah gulana yang menyelimuti diri… karena dosa-dosa itu akan membuat hati menjadi mati…
Kedelapan, memupus buaian angan-angan yang tidak berguna. Dan hendaknya setiap insan menyadari bahwa dia tidak akan tinggal selamanya di alam dunia. Dan mestinya dia sadar kalau dirinya hanyalah sebagaimana tamu yang singgah di sana, dia akan segera berpindah darinya. Sehingga tidak ada sesuatu pun yang akan mendorong dirinya untuk semakin menambah berat tanggungan dosanya, karena dosa-dosa itu jelas akan membahayakan dirinya dan sama sekali tidak akan memberikan manfaat apa-apa
Kesembilan, hendaknya menjauhi sikap berlebihan dalam hal makan, minum dan berpakaian. Karena sesungguhnya besarnya dorongan untuk berbuat maksiat hanyalah muncul dari akibat berlebihan dalam perkara-perkara tadi. Dan di antara sebab terbesar yang menimbulkan bahaya bagi diri seorang hamba adalah…. waktu senggang dan lapang yang dia miliki…. karena jiwa manusia itu tidak akan pernah mau duduk diam tanpa kegiatan…. sehingga apabila dia tidak disibukkan dengan hal-hal yang bermanfaat maka tentulah dia akan disibukkan dengan hal-hal yang berbahaya baginya
Kesepuluh, sebab terakhir adalah sebab yang merangkum sebab-sebab di atas… yaitu kekokohan pohon keimanan yang tertanam kuat di dalam hati…. Maka kesabaran hamba untuk menahan diri dari perbuatan maksiat itu sangat tergantung dengan kekuatan imannya. Setiap kali imannya kokoh maka kesabarannya pun akan kuat… dan apabila imannya melemah maka sabarnya pun melemah…. Dan barang siapa yang menyangka bahwa dia akan sanggup meninggalkan berbagai macam penyimpangan dan perbuatan maksiat tanpa dibekali keimanan yang kokoh maka sungguh dia telah keliru.

Diterjemahkan dari artikel berjudul 'Asyru Nashaa'ih libnil Qayyim li shabri 'anil
ma'shiyah, www.ar.islamhouse.com

Label:

Tulisan ini diposting oleh : Abu Muhammad Fatih Al-Ghifari Hary Noorcahya, pada pukul :12.52 
0 Komentar :
Posting Komentar
<< Kembali ke halaman paling depan
 



Data Pribadi

Nama ana:

أبومحمّد فاتح الغفاري

Tempat Tinggal ana:

Jakarta, Indonesia

Siapa ana?:

Hamba Allaah yang dhoif yang senantiasa berusaha memperbaiki kedhoifannya melalui ibadah dengan mengihlaskan dan ittiba' hanya kepada Allaah dan Rosul-Nya dalam ketaqwaan dengan selalu menuntut 'ilmu Syar'i

Data selengkapnya, klik di sini ya!!!

Sharing Dengan Ana

Bagi Antum yang ingin sharing(chat) dengan Ana, Silakan klik banner di bawah ini ya!!!


Kategori
Posting Terakhir
Arsip Bulanan
Sahabat Link
Tempat Upload File
Powered by

BLOGGER

copyright ©2008 by Abu Muhammad Fatih Al-Ghifari